SUMBER ILMU

TARIAN GATOT KACA

Bookmark and Share
(Illustrasi)Salah satu tarian karya Mangkunegaran yang pernah dimainkan di Solo Menari 24 Jam. Esok bakal ditampilkan tarian Gatotkaca Dadungawuk yang pernah tampil di Menara Eiffel perancis.
Solo – Kehebatan tarian khas Mangkunegaran bukan hanya menggema di Nusantara semata, namun membahana di dunia Internasional. Banyak dari tari khas Mangkunegaran ataupun tari kreasi Mangkunegaran yang sering dipentaskan di dunia Internasional. Dari sekian banyak tarian yang sering dipentaskan diluar negeri, ada satu tarian yang cukup fenomenal yakni Tarian Gatotkaca Dadungawuk.
Tarian yang mengambil kisah cerita Mahabharata Partakrama ini, dengan menampilkan lakon Gatotkaca yang berperang dengan Dadung Awuk pernah dimainkan dalam pembukaan Menara Eiffel tahun 1889. “Pada tahun 1889 tarian ini pernah dimainkan dalam pembukaan menara Eiffel, dengan berkolaborasi dengan keraton Cirebon yang kental dengan gaya pasundannya. Ini bukanlah bualan semata karena dapat dibuktikan dengan adanya sebuah buku yang berisi tentang catatan perjalanan dari tanah Jawa menuju Perancis, yang lengkap dengan cerita perjalannya”, terang GPH Herwasto Kusumo di Pura Mangkunegaran sore tadi. (1/7/2010).
Yang lebih membanggakan Tarian ini juga dimainkan untuk kedua kalinya, pada perayaan 100 tahun Menara Eiffel di Perancis pada tahun 1989. “Tarian ini kembali dimainkan di Menara Eiffel tepat pada perayaan 100 tahun menara tersebut. Awalnya pihak panitia tidak mengetahui jika tarian ini pernah dimainkan pada acara pembukaan Menara Eiffel, namun setelah kepulangan dari Perancis barulah pihak panitia menghubungi kami bahwa tarian yang dibawakan tersebut juga pernah dimainkan pada pembukaan Menara Eiffel. Jadi penampilan perayaan 100 tahun Menara Eiffel adalah kali keduanya tari ini tampil setelah dimainkan dalam pembukaan”, pungkasnya. 
Gusti Heru yang juga seorang koreografer Sanggar Tari Surya Sumirat mengatakan, bahwa tarian tersebut akan turut serta dalam pergelaran Mangkunegaran Performing Art 2010. “Tarian yang lahir pada era KGPAA Mangkunegara V ini juga akan ditampilkan di Mangkunegaran Performing Art 2010”, katanya.

DOWNLOAD

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

lets comment